Laman

Jumat, 27 November 2015

Cara Menemukan Passion

Let's talk about passion


kita cari dulu apa sih passion itu? dalam bahasa sih passion berarti kombinasi antara kenikmatan, makna dan perasaan. dalam titik ini jangan dibahasakan passion hanya soal kenikmatan dalam bertindak saja. namun banyak yang melupakan passion dari sisi makna dan emosinya. maksudnya adalah ketika saya berkata, "silahkan temukan passion anda masing-masing." ini bukan berarti saya hanya ingin anda menemukan zona nyaman anda sendiri dalam melakukan sesuatu. nah loh...perjelas lagi ndut!!!

gini deh... buat memperjelas akan saya paparkan dalam beberapa perintah yang nantinya juragan-juragan sekalian, pembaca setia blog ini lakukan. agar mengerti apa passion anda sekalian... berikut pemaparannya :
1. sekarang coba cari suatu hal yang apabila anda kerjakan, mendatangkan kenyamanan, kenikmatan, bermakna, dan memberikan perasaan bahagia. sudah? 
2. kemudian bayangkan hal itu sedang anda kerjakan. buat agar bayangan anda tentang pekerjaan itu terasa nyata sekali, sehingga anda benar-benar seperti sedang menikmati pekerjaan itu.
3. lalu bayangkan kembali anda kini dalam kesulitan besar dalam melakukannya. anda mendapat beberapa rintangan dan gangguan dari atasan bahkan kompetitor anda, mulai dari manusia sampai masalah teknis ataupun faktor alam. susun dan buatlah masalah itu serumit mungkin, bahkan kemungkinan besar anda tidak dapat memcahkannya seketika. perdalam masalah tersebut dan rasakan anda bergelut dalam masalah tersebut.
4. jika kaki dan tangan anda tidak gemetar dalam bayangan ini, dan senyum anda terkembang lepas, inilah passion anda.

beberapa perintah di atas hanya simulasi untuk merangsang raga dan hati anda menemukan apa yang sebenarnya memang anda inginkan. kerjakan apa yang anda cintai, atau cintai apa yang harus anda kerjakan.

hidup itu hanya seni mengolah keluhan. setiap orang punya keluhannya masing-masing. lalu bagaimana kita menyikapi keluhan itulah namanya kehidupan. sebuah masalah bisa tetap menjadi masalah atau menjadi sebuah tantangan yang harus diselesaikan tergantung bagaimana kita memandangnya. positifkah hasilnya atau negatifkah? namun selalu ada hal positif di dalam tantangan tersebut, tinggal bagaimana kita menarik sesuatu yang positif itu keluar dari yang negatif.

mengerjakan sesuatu tidak selamanya nikmat melulu. ini membutuhkan beberapa pengorbanan, kadang tidak sedikit. cari sesuatu yang dengannya kita mendapat keuntungan dan dapat kita terima kerugiannya. tidak selalu harus untung.

ingat, tujuan kita di dunia ini hanya mempersiapkan kematian. kita terlahir di dunia ini sudah merupakan sebuah masalah, entah bagi kita sendiri, orang lain, ataupun alam. jadi jangan menambah masalah lagi dengan Sang Pencipta, Allah SWT.

sisipan beberapa petuah tadi bila diamati akan menimbulkan sebuah kesimpulan yang sederhana tentang passion.
"passion adalah apabila kita mengerjakan sesuatu masih di dalam jalan lurus-Nya, bisa kita terima susah dan senangnya, memberikan efek bahagia untuk diri kita, orang lain, bahkan alam, dan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita."

sekian ulasan tentang passion kali ini. saya akan menyambungnya lain waktu. bila ada pertanyaan silahkan email saya di sini, atau di account buku wajah saya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar